Langsung ke konten utama

Trik Lulus dalam Wawancara Kerja

PERSIAPAN MENGHADAPI WAWANCARA KERJA
Wawancara adalah bagian dari proses penerimaan karyawan yang sering kali membuat banyak orang merasa ketar-ketir. Berbeda dengan proses lainnya misalnya psikotes atau tes keterampilan yang mungkin masih bisa ditebak, wawancara sama sekali tidak terduga, baik mengenai karakter pewawancara maupun pertanyaan yang akan diajukan.
Satu hal yang pasti, proses wawancara mempunyai tujuan tertentu. Bisa saja dimaksudkan untuk lebih mengetahui keterampilan teknis yang dimiliki pelamar, mengetahui kepribadian pelamar, atau sekadar mengetahui kemampuan pelamar menangani berbagai situasi yang berbeda.
Wawancara biasanya dilakukan untuk melengkapi hasil tes tertulis. Hal-hal yang tidak mungkin diperoleh dari tes tertulis akan digali melalui proses wawancara. Dalam hal ini, Anda dituntut untuk benar-benar menguasai bidang pekerjaan yang Anda lamar, sehingga pertanyaan apa pun yang diajukan dapat dijawab dengan memuaskan. Meski sama-sama menguji pengetahuan, namun wawancara sedikit lebih sulit karena Anda harus mampu mengungkapkan pengetahuan tersebut secara verbal.
Sering kali Anda mungkin paham seratus persen materi yang akan ditanyakan. Namun karena Anda gugup, kurang percaya diri, dan tanpa persiapan, semua pengetahuan Anda mendadak buyar. Tidak ada cara lain untuk dapat menguasai kemampuan verbal ini kecuali melatihnya terus-menerus. Berlatihlah dengan seorang rekan untuk mengantisipasi semua kemungkinan pertanyaan yang akan dilontarkan pewawancara.
1. Cara Berpakaian Yang Baik Dalam Wawancara
Berpakaian yang “baik” dalam wawancara memang tidak dapat digeneralisasikan karena setiap perusahaan memiliki kebiasaan-kebiasaan/budaya perusahaan yang berbeda. Namun, ada beberapa tips yang dapat diingat, antara lain:
Cari informasi terlebih dahulu tentang perusahaan dan Bapak/Ibu yang akan mewawancarai Anda. Beberapa perusahaan memiliki peraturan atau “kebiasaan” berpakaian secara formal, tetapi ada juga yang semi formal, atau bahkan ada yang bebas. Hal ini penting, agar Anda tidak dilihat sebagai “orang aneh’, disesuaikan dengan posisi yang akan dilamar.
Bagi pelamar pria disarankan menggunakan kemeja lengan panjang dan berdasi, tidak perlu menggunakan jas. Berpakaian rapi dan bersih, tidak kusut. Hal ini memberi kesan bahwa Anda menghargai wawancara ini.
Berpakaian dengan warna yang tidak terlalu menyolok (mis. mengkilap, ngejreng).
Bagi pelamar wanita berpakaian yang tidak terlalu ketat (rok bawah, kancing baju atasan).
Berpakaian dengan desain yang simpel (tidak telalu banyak pernik-pernik, toh ini bukan acara pesta).
Tidak berlebihan dalam menggunakan wewangian dan perhiasan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Purwodadi, 26 Mei 2010 Hal : Lamaran Pekerjaan Kepada Yth., Manajer BKK SMKN 1 Purwodadi Jl. P. Diponegoro No. 24 Purwodadi Dengan hormat, Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari BKK SMKN 1 Purwodadi, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 24 Mei 2010. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di BKK SMKN 1 Purwodadi. Data singkat saya, seperti berikut ini. Nama Tempat & tgl. lahir Pendidikan Akhir Alamat Telepon, HP, e-mail Status Perkawinan : Bagong Suditomo, S.Kom : Jayapura, 19 Februari 1976 : Sarjana Komputer Universitas Islam As-Syafi'iyah (UIA) - Jayapura (Konsentrasi Teknik Informatika) : Perum Bumi Makmur Blok A.5 Purwodadi : 0292 - 87914999, 0815 1212121212, bagong@yahoo.co.id : Menikah Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang ba

Rekruitmen PT. Solaria

PT. Solaria merupakan restoran keluarga yang menawaran berbagai macam hidangan (makan dan minuman). Pada pagi ini tanggal 26 Oktober 2021 PT. Solaria mengadakan rekruitmen. Alumni SMKN 1 Purwodadi juga mengikuti seleksi atau rekruitmen karyawan. Rekruitmen atau seleksi karyawan ini dilaksanakan di SMKN 1 Demak, dan diikuti puluhan alumni dari berbagai daerah, juga peserta rekrut harus menggunakan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini dibuktikan dengan syarat-syarat peserta harus sudah vaksin, walaupun baru vaksin pertama. Dan juga harus menggunakan masker serta sebelum masuk harus mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Kerjasama antara SMKN 1 Purwodadi dan PT. Solaria sudah beberapa tahun, sehingga apabila ada rekuitmen BKK SMKN 1 Purwodadi selalu mendapatkan info.  Dalam rekruitmen ini alumni-alumni diantarkan oleh TIM BKK SMKN 1 Purwodadi yaitu Bapak Rizka dan Bapak Wiwit. Alumni berangkat barengan tim BKK pukul 06.00 dan sampai di SMKN 1 Demak langsung dilanjutkan seleks

Contoh-contoh Pertanyaan Wawancara Kerja

Berikut contoh contoh pertanyaan yang sering ditanyakan dalam suatu wawancara kerja . Mungkin anda membutuhkan untuk menghadapi wawancara kerja, silahkan pelajari artikel berikut ini. Smoga anda sukses daam wawancara serta di terima pada pekerjaan yang diinginkan. Artikel ini kami ambil dari http://ggkarir.com /. Smoga bermanfaat... 1. Motivasi Pertanyaan yang dapat menggali aspek motivasi antara lain : Mengapa anda memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan ini ? Apa yang membuat anda menjadi tertarik dengan perusahaan ini ? Tanggung jawab apa yang anda anggap penting dalam pekerjaan ? Tantangan apa yang anda cari dalam pekerjaan ? Sebutkan dua hal yang memotivasi anda dalam bekerja. Apa yang dapat memotivasi anda dalam kehidupan pribadi anda ? Apa yang dapat memotivasi anda dalam menyelesaikan tugas yang sulit ? Apa yang dapat memotivasi anda agar menjadi sukses dalam pekerjaan ? Apa alasan anda keluar dari perusahaan sebelumnya ? Apa yang membuat anda keluar