Selasa, 25 Oktober 2011

Workshop Sistem Pengelolaan Bursa Kerja Khusus SMK Se-Jawa Tengah


Kali ini workshop BKK (Bursa Kerja Khusus) SMK se-Jawa Tengah diadakan di Kota Magelang mulai tanggal 24 - 26 Oktober 2011, di hotel Trio. Hotel Trio ini dilengkapi fasilitas yang menurut saya mewah. Ada kolam renang, lapangan basket, lapangan volly, lapangan badminton, kamar ada TV, AC, Air mandi panas dan dingin dengan bathup, kamar yang sangat luas. Workshop ini membahas materi Pengelolaan Bursa Kerja Khusus. Acara yang di buka oleh Bapak Kabid Dikmen Pendidikan Jawa Tengah (Bp. Drs. Kartono, MPd) dan beliau melanjutkan untuk mengisi materi workshop ini.
Dalam workshop ini ada beberapa presentasi yang dibawakan oleh Dinas Tenaga Kerja Propinsi, New Armada, Trio Swalayan, GIZ dan TIM BKK Jawa Tengah.
1. Dinas Tenaga Kerja menyampaikan kebijakan dinas tenaga kerja.
2. New Armada menyampaikan mengenai motivasi pengurus BKK dan motivasi anak didik.
3. Trio Swalayan menyampaikan pengalaman-pengalaman di dunia industri/dunia usaha
4. GIZ menyampaikan mengenai Hard Skill dan Soft Skill

Dengan acara ini, kita menjadi tahu bahwa calon tenaga kerja (calon alumni SMK) masih banyak kelemahan. Kelemahan tersebut adalah masih terbawa emosi, kurang mampu bersaing dengan teman diatasnya, terkena tekanan dari atasan langsung mengeluh terhadap pengurus BKK bahwa pekerjaan tidak sesuai dengan yang dijanjika, gaji tidak sesuai dan lain-lain. Maka banyak perusahaan bonafit hanya membutuhkan minimal sarjana muda (D3), biasanya perusahaan yang bonafit adalah untuk jenjang karir kita. Beda dengan perusahaan yang dibawahnya, yang di cari adalah tenaganya saja.

Setelah mengikuti kegiatan ini, kita sebagai pengurus BKK harus bisa mengoptimalkan siswa dalam berbagai hal (motivasi, dedikasi, cekatan). Kalau hal ini sudah dilaksanakan, pastinya perusahaan-perusahaan bonafit akan melirik anak-anak yang fresh graduate.

Untuk menghindari hal ini, maka petugas Bursa Kerja Khusus harus bisa mengelola calon alumninya.

Tidak ada komentar:

Baca juga: