Langsung ke konten utama

Para Pencari Kerja Lulusan SMK Memadati Job Fair di Semarang 26 Juli 2011

Jawa Tengah optimis dapat meraih target sebagai provinsi vokasi pada tahun 2013 mendatang dengan memenuhi kuota 70:30. Target 70% untuk jumlah SMK banding 30% untuk jumlah SMA akan berusaha dipenuhi untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo saat membuka Bursa Kerja Tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Bale Merapi PRPP Semarang, Selasa (26/7). Dia menuturkan, provinsi vokasi yang digulirkan beberapa tahun ini tahapannya sudah jelas dan berharap pada 2013 dapat tercapai.

''Dengan menggunakan formula 70:30, maka para angkatan kerja yang didominasi oleh lulusan SMK yang tersertifikasi terukur dibidangnya dapat memperoleh pekerjaan sesuai kompetensinya, sehingga bisa mengurangi pengangguran. Namun, juga tidak menuntut kemungkinan, para lulusan SMK juga bisa melanjutkan pendidikan sesuai jenjang kemampuannya'' ungkapnya.

Seperti langkah yang dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Jateng bersama Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus (FKBKK) untuk mewujudkan provinsi vokasi, terselenggaranya bursa kerja (job fair) lulusan SMK ini memang bertujuan untuk memfasilitasi para tamatan sekolah kejuruan dan mengantarkan mereka ke dunia kerja. Tema yang diusung yakni ''Job Fair dan Kemitraan sebagai Salah Satu Solusi Mengurangi Pengangguran dan Kemiskinan". Dan di kesempatan itu pula akan diluncurkan program "Pintar Bersama Daihatsu Motor".

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Kunto Nugroho HP mengatakan, pada bursa kerja tahun ini diikuti oleh 80 dunia usaha baik regional maupun nasional. Jumlah perusahaan tersebut meningkat dibandingkan tahun 2010 lalu yang hanya diikuti oleh 50 perusahaan. ''Dari seluruh kemitraan yang berpartisipasi dalam job fair ini, menyediakan lapangan pekerjaan dari 88 program keahlian SMK di Jateng,'' katanya.

Memanfaatkan Even

Diperkirakan selama pelaksanaan dua hari job fair, 26-27 Juli 2011, sekitar 15.000 lulusan SMK akan memanfaatkan event tersebut. Terbukti sejak dibukanya oleh Gubernur Jateng Bibit Waluyo, ribuan lulusan dari berbagai kabupaten/kota di Jateng sudah memadati pelataran pintu masuk Bale Merapi PRPP Semarang.

Secara teknis, bursa kerja SMK tersebut akan dilakukan perekrutan tenaga kerja melalui dua gelombang, yaitu gelombang pertama, Selasa (26/7) meliputi wilayah Semarang, Pati dan Pekalongan. Kemudian atau hari berikutnya, gelombang kedua, Rabu (27/7) akan merekrut wilayah Surakarta, Kedu dan Banyumas.

Salah seorang pengunjung Abdul Karim (18), datang bersama teman-temannya untuk mencari pekerjaan di job fair tersebut. Lulusan SMK Muhammadiyah Rembang Jurusan Otomotif ini mengaku, sangat beruntung dengan adanya kegiatan ini. ''Bagi saya menguntungkan dan memberi kemudahan, karena sejak lulus kemarin saya belum mendapatkan pekerjaan,'' tuturnya. sumber : www.suaramerdeka.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Purwodadi, 26 Mei 2010 Hal : Lamaran Pekerjaan Kepada Yth., Manajer BKK SMKN 1 Purwodadi Jl. P. Diponegoro No. 24 Purwodadi Dengan hormat, Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari BKK SMKN 1 Purwodadi, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 24 Mei 2010. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di BKK SMKN 1 Purwodadi. Data singkat saya, seperti berikut ini. Nama Tempat & tgl. lahir Pendidikan Akhir Alamat Telepon, HP, e-mail Status Perkawinan : Bagong Suditomo, S.Kom : Jayapura, 19 Februari 1976 : Sarjana Komputer Universitas Islam As-Syafi'iyah (UIA) - Jayapura (Konsentrasi Teknik Informatika) : Perum Bumi Makmur Blok A.5 Purwodadi : 0292 - 87914999, 0815 1212121212, bagong@yahoo.co.id : Menikah Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang ba

Rekruitmen PT. Solaria

PT. Solaria merupakan restoran keluarga yang menawaran berbagai macam hidangan (makan dan minuman). Pada pagi ini tanggal 26 Oktober 2021 PT. Solaria mengadakan rekruitmen. Alumni SMKN 1 Purwodadi juga mengikuti seleksi atau rekruitmen karyawan. Rekruitmen atau seleksi karyawan ini dilaksanakan di SMKN 1 Demak, dan diikuti puluhan alumni dari berbagai daerah, juga peserta rekrut harus menggunakan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini dibuktikan dengan syarat-syarat peserta harus sudah vaksin, walaupun baru vaksin pertama. Dan juga harus menggunakan masker serta sebelum masuk harus mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Kerjasama antara SMKN 1 Purwodadi dan PT. Solaria sudah beberapa tahun, sehingga apabila ada rekuitmen BKK SMKN 1 Purwodadi selalu mendapatkan info.  Dalam rekruitmen ini alumni-alumni diantarkan oleh TIM BKK SMKN 1 Purwodadi yaitu Bapak Rizka dan Bapak Wiwit. Alumni berangkat barengan tim BKK pukul 06.00 dan sampai di SMKN 1 Demak langsung dilanjutkan seleks

Contoh-contoh Pertanyaan Wawancara Kerja

Berikut contoh contoh pertanyaan yang sering ditanyakan dalam suatu wawancara kerja . Mungkin anda membutuhkan untuk menghadapi wawancara kerja, silahkan pelajari artikel berikut ini. Smoga anda sukses daam wawancara serta di terima pada pekerjaan yang diinginkan. Artikel ini kami ambil dari http://ggkarir.com /. Smoga bermanfaat... 1. Motivasi Pertanyaan yang dapat menggali aspek motivasi antara lain : Mengapa anda memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan ini ? Apa yang membuat anda menjadi tertarik dengan perusahaan ini ? Tanggung jawab apa yang anda anggap penting dalam pekerjaan ? Tantangan apa yang anda cari dalam pekerjaan ? Sebutkan dua hal yang memotivasi anda dalam bekerja. Apa yang dapat memotivasi anda dalam kehidupan pribadi anda ? Apa yang dapat memotivasi anda dalam menyelesaikan tugas yang sulit ? Apa yang dapat memotivasi anda agar menjadi sukses dalam pekerjaan ? Apa alasan anda keluar dari perusahaan sebelumnya ? Apa yang membuat anda keluar